KOMUNIKASI BISNIS
(HAMBATAN KOMUNIKASI)
DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 1
1. PRADITYA PRIMADI
2. SELLY CHRISTANIA
FAKULTAS : ILMU
KOMUNIKASI
DOSEN :
SEREPINA TIUR MAIDA,S.SOS,.MPd
UNIVERSITAS MPU TANTULAR
JAKARTA 2018
HAMBATAN KOMUNIKASI
Dalam
berkomunikasi pasti tidak lepas dari yang namanya Hambatan , berikut
pembahasannya.
SIFAT HAMBATAN
Hambatan
terhadap jalannya komunikasi berdasarkan sifatnya di bedakan menjadi :
11.
HAMBATAN
YANG BERSIFAT OBYEKTIF
Merupakan hambatan
terhadap komunikasi yang disebabkan oleh keadaan yang tidak menguntungkan.
Gangguan ini merupakan gangguan fisik seperti gangguan pengeras suara yang
digunakan komunikator, gangguan cuaca pada saat komunikator menggunakan media
radio, dan gangguan bising suara kendaraan.
22.
HAMBATAN
YANG BERSIFAT SUBYEKTIF
Hambatan yang bersifat
subyektif merupakan hambatan yang sengaja dibuat seseorang agar komunikasi
tidak berjalan lancar. Pada umumnya disebabkan karena orang tersebut tidak
setuju atau bahkan menentang dengan apa yang akan dikomunikasikan.
FAKTOR
PENGHAMBAT
aa.
Gangguan (Noise)
Gangguan komunikasi
merupakan segala sesuatu yang menyebabkan proses komunikasi tidak lancar atau
terganggu. Gangguan ini dibagi menjadi 2 :
11.
GANGGUAN
FISIK
Gangguan yang
disebabkan oleh factor saluran komunikasi yang bersifat fisik misalnya gangguan
suara ganda pada pengeras suara, bunyi kendaraan, suara gaduh dll.
22.
GANGGUAN
SEMANTIK
Semantik adalah
pengetahuan mengenai pengertian kata-kata yang sebenarnya dan perubahan
pengertian kata. Gangguan semantic adalah gangguan yang berkenaan dengan
penggunaan kata atau bahasa yang tidak tepat sehingga pengertiannya menjadi
tidak seperti yang dimaksud oleh komunikator.
bb.
Kepentingan (Interest)
Kepentingan akan
membuat seseorang selektif dalam mengartikan dan menanggapi suatu pesan. Lebih
dari itu kepentingan akan menentukan daya tangkap, perasaan, pikiran dan
tingkah laku seseorang. Orang cenderung memperhatikan pesan yang ada
hubungannya dengan kepentingan dirinya.
cc. Motivasi
Dalam komunikasi motivasi orang akan menentukan intensitas tanggapan
seseorang terhadap pesan yang di komunikasikan.
dd.
Prasangka
Prasangka seseorang terhadap suatu masalah atau terhadap seseorang di
tentukan oleh term of reference (kerangka pikir) orang tersebut.
Prasangka ini menjadi hambatan komunikasi karena belum ada yang dikomunikasi
kan orang tersebut sudah curiga, tidak percaya.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar