Minggu, 29 April 2018

Hambatan Komunikasi



KOMUNIKASI BISNIS
(HAMBATAN KOMUNIKASI)

DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 1
1.  PRADITYA PRIMADI
2.  SELLY CHRISTANIA
FAKULTAS   : ILMU KOMUNIKASI

DOSEN :
SEREPINA TIUR MAIDA,S.SOS,.MPd
UNIVERSITAS MPU TANTULAR
JAKARTA 2018
  

HAMBATAN KOMUNIKASI
Dalam berkomunikasi pasti tidak lepas dari yang namanya Hambatan , berikut pembahasannya.
SIFAT HAMBATAN
Hambatan terhadap jalannya komunikasi berdasarkan sifatnya di bedakan menjadi :
11.      HAMBATAN YANG BERSIFAT OBYEKTIF
Merupakan hambatan terhadap komunikasi yang disebabkan oleh keadaan yang tidak menguntungkan. Gangguan ini merupakan gangguan fisik seperti gangguan pengeras suara yang digunakan komunikator, gangguan cuaca pada saat komunikator menggunakan media radio, dan gangguan bising suara kendaraan.
22.      HAMBATAN YANG BERSIFAT SUBYEKTIF
Hambatan yang bersifat subyektif merupakan hambatan yang sengaja dibuat seseorang agar komunikasi tidak berjalan lancar. Pada umumnya disebabkan karena orang tersebut tidak setuju atau bahkan menentang dengan apa yang akan dikomunikasikan.
FAKTOR PENGHAMBAT
aa.       Gangguan (Noise)
Gangguan komunikasi merupakan segala sesuatu yang menyebabkan proses komunikasi tidak lancar atau terganggu. Gangguan ini dibagi menjadi 2 :
11.      GANGGUAN FISIK
Gangguan yang disebabkan oleh factor saluran komunikasi yang bersifat fisik misalnya gangguan suara ganda pada pengeras suara, bunyi kendaraan, suara gaduh dll.
22.      GANGGUAN SEMANTIK
Semantik adalah pengetahuan mengenai pengertian kata-kata yang sebenarnya dan perubahan pengertian kata. Gangguan semantic adalah gangguan yang berkenaan dengan penggunaan kata atau bahasa yang tidak tepat sehingga pengertiannya menjadi tidak seperti yang dimaksud oleh komunikator.
bb.      Kepentingan (Interest)
Kepentingan akan membuat seseorang selektif dalam mengartikan dan menanggapi suatu pesan. Lebih dari itu kepentingan akan menentukan daya tangkap, perasaan, pikiran dan tingkah laku seseorang. Orang cenderung memperhatikan pesan yang ada hubungannya dengan kepentingan dirinya.
cc.      Motivasi
Dalam komunikasi motivasi orang akan menentukan intensitas tanggapan seseorang terhadap pesan yang di komunikasikan.
dd.      Prasangka
Prasangka seseorang terhadap suatu masalah atau terhadap seseorang di tentukan oleh term of reference (kerangka pikir) orang tersebut. Prasangka ini menjadi hambatan komunikasi karena belum ada yang dikomunikasi kan orang tersebut sudah curiga, tidak percaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar